Berapa Banyak Air yang Harus Anda Minum Sehari?

Bagaimana Anda bisa memastikan Anda tidak terhidrasi? Haruskah Anda mengandalkan rasa haus saja, atau apakah lebih baik mematuhi aturan delapan gelas sehari? dan Berapa Banyak Air yang Harus Anda Minum Sehari?

Yang benar adalah, kedua pendekatan itu mungkin akan berhasil sebagian besar. Tetapi kebutuhan cairan Anda dapat bervariasi, tergantung pada tingkat aktivitas Anda, cuaca, kondisi lingkungan dan bahkan obat-obatan yang mungkin Anda gunakan.

Berapa Banyak Air yang Harus Anda Minum Sehari?
Berapa Banyak Air yang Harus Anda Minum Sehari?

Mengetahui situasi mana yang cenderung meningkatkan kebutuhan Anda akan cairan dapat membantu Anda tetap terhidrasi. Tapi jangan berlebihan. Tidak ada gunanya minum lebih banyak air daripada yang Anda butuhkan, hanya demi itu. Paling tidak, Anda akan berakhir berlari ke kamar mandi setiap 10 menit. Paling buruk, Anda bisa menempatkan diri Anda pada risiko kondisi yang mengancam jiwa yang disebut hiponatremia, atau keracunan air. Jadi, berapa banyak air yang harus Anda minum dalam sehari? Baca terus untuk mengetahui!

Terlalu banyak hal yang baik

Dalam keadaan normal, tubuh yang sehat dapat memproses air dalam jumlah besar selama ia juga memiliki banyak elektrolit, khususnya natrium. Tetapi kombinasi dari air yang terlalu banyak dan sodium yang tidak cukup dapat menyebabkan masalah. Mereka yang berisiko paling tinggi terkena hiponatremia adalah:

  • Ketahanan Atlit yang kehilangan banyak natrium melalui keringat dan kemudian membanjiri tubuh mereka dengan terlalu banyak cairan saat mereka mencoba untuk rehidrasi
  • Orang dengan masalah ginjal
  • Orang berusia di atas 65 tahun yang menggunakan banyak obat atau memiliki kondisi kesehatan yang membahayakan kemampuan tubuh untuk menghilangkan cairan atau mempertahankan kadar natrium yang memadai.
  • Meskipun jarang, hiponatremia juga dapat terjadi sebagai akibat dari diet yang tidak aman atau pesta minum bir.

Bagaimana dengan delapan gelas air?

Berlawanan dengan kepercayaan umum, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa tetap terhidrasi bergantung pada minum delapan gelas air 8 ons setiap hari. Dan mengandalkan aturan delapan gelas mungkin tidak cukup untuk menghindari dehidrasi dalam keadaan tertentu.

Menghindari dehidrasi

Dehidrasi ringan, jika sering terjadi, dapat meningkatkan risiko Anda untuk masalah kesehatan seperti mulas, sembelit, batu ginjal, dan bahkan gagal ginjal. Dehidrasi parah dapat menyebabkan tubuh Anda mati dan menjadi syok. Jadi, pastikan Anda tahu tanda-tanda peringatan dini dehidrasi untuk mengambil tindakan dan melindungi kesehatan Anda.

Bagaimana dehidrasi terjadi

Dehidrasi ringan terjadi ketika Anda kehilangan 3 hingga 5 persen dari berat tubuh Anda melalui kehilangan cairan (biasanya keringat, muntah atau diare).

Panas dan aktivitas

Jika Anda sudah kekurangan cairan, dan Anda berolahraga atau melakukan pekerjaan fisik di lingkungan yang panas, Anda bisa mengalami dehidrasi dalam hitungan jam.

Haus

Untungnya, dehidrasi tidak mungkin terjadi tanpa memicu rasa haus yang signifikan, jadi jika Anda merasa haus, dengarkan tubuh Anda dan sering-seringlah minum air. Jangan menelan galon, terutama jika Anda menderita mual atau diare — kemungkinan akan memperburuk keadaan.

Tanda-tanda dehidrasi ringan

Tanda-tanda berikut ini adalah petunjuk bahwa Anda mungkin berada pada tahap awal dehidrasi:

  • Mulut dan bibir kering; Mulut juga terasa sedikit bergetah atau lengket
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Kelelahan
  • Detak jantung meningkat
  • Sakit kepala
  • Pusing

Jangan abaikan petunjuk ini, terutama jika Anda mengalami dua atau lebih secara bersamaan.

Periksa cairan Anda

Jika urine Anda berbau sangat kuat atau gelap, itu mungkin merupakan tanda bahwa Anda mengalami sedikit dehidrasi. Tetapi banyak hal yang dapat memengaruhi urin Anda, dari obat-obatan dan multivitamin hingga makanan atau minuman tertentu, seperti asparagus atau bir. Jadi perhatikan juga setiap perubahan dalam berapa banyak air yang Anda lewati. Volume urin yang rendah selama sehari biasanya dikaitkan dengan dehidrasi.

Mencegah dan mengobati dehidrasi

Perawatan terbaik untuk dehidrasi adalah pencegahan. Jika Anda tahu akan berolahraga atau bekerja di lingkungan yang panas dan kering, itu ide yang baik untuk memastikan Anda terhidrasi sejak awal. Bawalah air bersama Anda, dan perhatikan tanda-tanda awal dehidrasi.

Untuk pulih dari dan mengobati dehidrasi ringan, perlahan-lahan minumlah air atau jus buah murni sampai Anda tidak lagi merasa haus. Pisang atau satu atau dua porsi buah lain akan membantu memulihkan mineral yang mungkin hilang. Banyak buah-buahan dan sayuran mengandung banyak air, jadi Anda tidak perlu bergantung pada minuman saja untuk tetap terhidrasi.

Bagaimana dengan minuman olahraga?

Minuman olahraga baik-baik saja jika Anda lebih suka rasanya, tetapi mereka biasanya tidak melembabkan tubuh lebih cepat daripada air. Juga, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minuman olahraga dapat menyebabkan lebih banyak ketidaknyamanan pencernaan daripada air, dan mereka mengandung gula, yang akan menambah asupan kalori harian Anda.

Jangan tertipu oleh aturan

Meskipun mungkin tidak ada bahaya dalam mengikuti aturan cairan 8 x 8, Ketika sampai pada seberapa banyak air yang harus Anda minum dalam sehari, penting untuk mengetahui bahwa kebutuhan cairan Anda sendiri dapat bervariasi. Minumlah cairan dalam jumlah yang nyaman, dan berikan perhatian khusus pada asupan cairan Anda selama cuaca hangat dan saat aktivitas fisik atau sakit. Saat Anda bekerja keras atau berolahraga, ingat juga untuk memantau tanda dan gejala dehidrasi Anda sendiri. Memperhatikan tubuh Anda dapat membantu Anda segera menentukan apakah Anda perlu menambah asupan air atau menambah makanan dengan lebih banyak makanan dengan kandungan air tinggi.

Selain artikel Berapa Banyak Air yang Harus Anda Minum Sehari?, baca juga tentang travel dan cerita anak terbaik kami lainnya. Dan jangan lupa untuk terus ikuti kami di facebook kita yah https://www.facebook.com/katakatakitadotcom/.

Tinggalkan komentar

Pin It on Pinterest