Perpustakaan Melompat

Membaca buku adalah hobi Kaka Kanguru. Ia mempunyai perpustakaan di rumahnya. Perpustakaan itu terbuka untuk umum. Hewan-hewan lain boleh membaca dan meminjam buku di sana. Namun, perpustakaan itu akhir-akhir ini sepi.

Sayang sekali, bukan? Padahal, per­pustakaan itu memiliki buku yang lengkap. Ruangannya juga nyaman. Buku-bukunya tertata rapi di rak-rak lemari. Lantas, ke­napa tidak ada hewan yang datang ke perpustakaan?

“Apa jangan-jangan mereka tidak suka membaca?” pikir Kaka. “Lalu apa yang harus kulakukan?”

Kaka menatap buku-buku di lemari sambil berpikir. “Aku harus menemui mereka. Aku akan tanya alasan mereka tidak mau ke perpustakaan.”

Sebelum pergi, Kaka memasukkan be­berapa buku ke kantong yang berada di bagian depan tubuhnya. Kemudian dia melompat-lompat menuju rumah Beru Beruang.

“Beru, kenapa beberapa minggu ini kamu tidak mengunjungi perpustakaan?” tanya Kaka Kanguru.

Grook! Grook!

Beru batuk-batuk, lalu berkata, “Aku sedang batuk, Kaka. Aku takut suara batukku mengganggu kawan-kawan yang sedang membaca.”

“Semoga cepat sembuh, Beru. Aku memiliki buku tentang manfaat lemon. Salah satu manfaat lemon adalah menyembuhkan batuk. Kamu bisa membacanya sendiri,” ujar Kaka sembari mengeluarkan buku itu dari kantongnya.

Beru tersenyum senang. “Terima kasih. Aku akan membacanya. Dua hari lagi, aku akan ke perpustakaanmu dan mengembalikan buku ini.”

“Oke! Aku pamit dulu. Sampai jumpa,” pamit Kaka.

Kaka kembali melompat. Kali ini, ia akan menemui Bibi Key Kelinci. Terlihat Bibi Key sedang berada di kebun. Sepertinya dia sedang kebingungan.

“Bibi Key, ada yang bisa saya bantu?” tanya Kaka.

“Bibi sedang bingung, kenapa buah tomat yang Bibi tanam belum berbuah juga, ya?” ujar Bibi Key.

“Mungkin Bibi melewatkan sesuatu. Kebetulan, saya membawa buku tentang teknik berkebun buah tomat. Semoga bisa membantu,” kata Kaka, kemudian mengeluarkan sebuah buku dari kantongnya.

Bibi Key menerima buku itu dengan wajah semringah. “Wah, Bibi akan mem­bacanya. Terima kasih, Kaka.”

“Sama-sama, Bibi,” ucap Kaka.

“Oh iya, di sana ada anakku dan teman-­temannya sedang bermain. Mereka pasti senang jika kamu datang ke sana,” ujar Bibi Key.

Kaka mengangguk dan melompat ke arah yang ditunjuk Bibi Key. Ternyata benar kata Bibi Key, anak-anak itu senang sekali dengan kedatangan Kaka. Mereka langsung berebutan membaca buku cerita yang dibawa Kaka.

“Kalau kalian suka membaca, kenapa kalian tidak datang ke perpustakaan?” tanya Kaka.

“Karena perpustakaannya jauh, Kak,” jawab Dreo, anak Bibi Key. “Aku senang sekali ada perpustakaan melompat sekarang. Aku sangat berterima kasih.”

Kaka tersenyum. Ia senang, sebab ternyata para hewan juga suka membaca. Besok, dia akan membawa lebih banyak buku di kantongnya. dan hewan-hewan lain menyebutnya “Perpustakaan Melompat”.

Pesan Moral: Ayo, tularkan budaya membaca buku kepada orang-orang disekitar kita!

Selain Perpustakaan Melompat, baca juga cerita anak terbaik kami lainnya. Dan jangan lupa untuk terus ikuti kami di facebook kita yah https://www.facebook.com/katakatakitadotcom/.

Tinggalkan komentar

Pin It on Pinterest